KKN UPI Purwakarta Desa Sukamanah Berikan Penyuluhan Ekonomi Kreatif
Oleh Arditya Pramono, pada Aug 12, 2017 | 22:19 WIB
KKN UPI Purwakarta Desa Sukamanah Berikan Penyuluhan Ekonomi Kreatif

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM -- Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, bisa dikatakan memliki sejumlah bahan makanan yang bisa diolah dengan baik oleh usaha rumahan atau home industry. Sejumlah sumber daya makanan yang menjadi produk unggulan Desa Sukamanah antara lain singkong, beras ketan dan gula aren. 

Namun,  potensi sumber daya tersebut sepertinya belum diolah secara maksimal oleh warga desa. Salah satu kendala terbesar dalam memaksimalkan potensi tersebut adalah sulitnya memasarkan produk warga Sukamanah keluar dari desa tersebut. Selama ini warga Sukamanah hanya memasarkan singkong, beras ketan dan gula aren di desa mereka sendiri atau menunggu pesanan saja.

Melihat permasalahan tersebut, Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI Kampus Purwakarta Desa Sukamanah bersama dengan kader Usaha Kecil Menengah (UKM), Lina Wati menggelar penyuluhan ekonomi kreatif kepada warga Desa Sukamanah pada Kamis (10 /8/2017).

Penanggung Jawab Bidang Ekonomi KKN UPI Purwakarta Desa Sukamanah, Trisna Hadi Wulan kegitan penyuluhan sengaja dilakukan untuk memotivasi dan mengembangkan usaha warga desa. 

"Dengan adanya penyuluhan kemarin, Insya Allah,  warga dan pelaku usaha rumahan di Desa Sukamanah bisa mendapatkan motivasi semoga terbentuk tempat pusat oleh-oleh khas Desa Sukamanah," jelas Trisna. 

Sementara itu, Penanggung Jawab Bidang Ekonomi KKN UPI Purwakarta Desa Sukamanah lainya, Wulan mengatakan, dengan adanya penyuluhan tersebut salah satu kendala utama dalam memaksimalkan usaha yaitu dibidang pemasaran bisa teratasi. 

 "Saya berharap bisa membantu warga dan pelaku usaha Desa Sukamanah untuk dapat berinovasi dari segi produk, bentuk maupun rasa sehingga sasaran pemasaran akan lebih menjangkau semua kalangan dan dapat bersaing di pasaran. Kalau sudah seperti itu, saya yakin produktivitas dan laba akan meningkat, kata Wulan. (Arditya Pramono) 
 

Editor: Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600