Kang Dedi : Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Perilaku, Tak Hanya Simbol
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 02, 2017 | 15:22 WIB
Kang Dedi : Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Perilaku, Tak Hanya Simbol
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat ditemui wartawan di Kantor Pemkab Purwakarta, Senin (2/10). (AyoPurwakarta/Arditya Pramono)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM – Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan jika Pancasila sebagai ideologi bangsa seharusnya tak hanya dipahami sebagai simbol, namun juga harus dijadikan pedoman berpikir, bertindak dan berperilaku.

"Pancasila itu harus masuk menjadi nilai dalam kehidupan yang diaplikasikan dalam bernegara dan berbangsa, bukan hanya menjadi simbol atau slogan semata," jelas Dedi pada Senin (2 /10/2017).

Setiap sila dalam Pancasila, dikatakan Dedi, harus mampu diaplikasikan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dengan dipayunyi aturan undang-undang yang konkret.

"Harus ada aturan dan hukum yang mengatur jika pada kenyataannya masyarakat ada yang tidak Pancasilais. Contoh: Ada orang sakit yang dibiarkan begitu saja gak ditolong-tolong, hukumanya apa kepada yang tidak mau membantu?,” beber Dedi.

Dedi begitu kagum dengan sila kelima dalam Pancasila. Menurutnya, apa yang termaktub dalam sila kelima itu tak ubahya kerangka berpikir yang amat luar biasa.

“Pancasila modal bangsa kita. Para pendiri Bangsa Indonesia tahu betul bahwa sistem kenegaraan kita harus memiliki kerangka berpikir sendiri. Hal itu adalah bentuk negara berdaulat,” pungkas Dedi.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600