Dedi Mulyadi: Penduduk Purwakarta Jangan Melebihi 1 Juta Jiwa
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 09, 2017 | 14:19 WIB
Dedi Mulyadi: Penduduk Purwakarta Jangan Melebihi 1 Juta Jiwa
Dedi Mulyadi (Antara)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM-- Badan Pusat Statistik (BPS) Purwakarta melansir bahwa jumlah penduduk Purwakarta tercatat sebanyak 932.701 jiwa pada 2016.

Data itu juga mengatakan bahwa laju pertumbuhan penduduk tidak lebih dari 10% dalam jangka waktu 10 tahun terakhir. Melihat data tersebut, bisa dikatakan bahwa Purwakarta baru akan memiliki penduduk di atas 1 juta jiwa pada 10 tahun kemudian. 

Terkait hal ini, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan jumlah ideal penduduk Purwakarta memang seharusnya di bawah angka 1 juta jiwa. 

"Ya idealnya dibawah 1 juta jiwa. Untuk ukuran Purwakarta jika melebihi angka 1 juta bahkan 2 juta jiwa sudah gak ideal," ungkapnya, Senin (09/10/2017). 

Dedi menjelaskan jika terjadi lonjakan penduduk Purwakarta mencapai 1 juta jiwa akan berpengaruh pada kualitas pelayanan publik. 

"Kalau bisa ya jangan sampai 1 juta jiwa. Karena dengan penduduk 1 juta jiwa maka pasti akan berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik," katanya. 

Selain itu lonjakan pertambahan penduduk yang mencapai 1 juta jiwa akan mempengaruhi soal sarana pemukiman, kualitas lingkungan, infrastruktur hingga terganggunya lahan konservasi untuk pemukiman karena tingginya kebutuhan pemukiman.

"Lonjakan jumlah penduduk nantinya pasti akan membebani APBD Purwakarta. Saat kebutuhan pemukiman meningkat maka lahan konservasi terganggu, setelah dibangun perumahan, jalan jadi jelek, sanitasi lingkungannya tidak sehat, drainasenya gak anti banjir dan kelak pemerintah juga yang akan malah mengurusnya sendiri dengan APBD," ungkapnya.

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600