Baladhika Karya Gelar Kejuaraan Pencak Silat di Purwakarta
pada Oct 12, 2017 | 21:40 WIB
Baladhika Karya Gelar Kejuaraan Pencak Silat di Purwakarta
Ilustrasi -- Seorang perempuan menampilkan aksi pencak silatnya dalam Pasanggiri Pencak Silat, Bandung. (AyoMedia/Danny Ramdhani)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Organisasi kemasyarakatan Baladhika Karya akan menggelar kejuaraan pencak silat antar SMP dan SLTA se-Purwakarta 14-16 Oktober mendatang. 

Ketua Baladika Karya Jawa Barat, Gatot Iskandar mengatakan, kejuaraan pencak silat pelajar di Purwakarta tersebut merupakan salah satu upaya dalam melestarikan nilai seni Sunda yang terkandung dalam pencak silat. 

"Kami ingin membangkitkan kembali nilai seni budaya dan olahraga Sunda, karena selama ini kita lihat itu terabaikan," tutur Gatot, Kamis (12/10/2017).

Kejuaraan pencak silat antar SMP dan SLTA se-Purwakarta tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun Baladhika Karya ke-54 yang jatuh pada 24 Oktober. 

Di hari ulang tahun, dia menginginkan supaya pihaknya bisa memberi kiprah dengan mendorong masyarakat dalam melestarikan seni dan budaya Sunda, yang mana pencak silat merupakan salah satu seni dan bidaya yang melekat pada masyarakat Jawa Barat. 

Direncanakan, kejuaraan pencak silat antar SMP dan SLTA tersebut akan dibuka oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. "Tentunya ini akan sangat meriah apalagi banyak tokoh yang akan hadir disana," katanya. 

Saat ini, tambah Gatot, jumlah peserta kejuaraan pencak silat tersebut mencapai ratusan orang, bahkan mencapai 480 orang atlet.

"Tentunya ini akan bertambah seiring dengan masa akhir pendaftaran nanti, dan ini piala bergilir, otomatis kita akan rutin, tahun ini di Purwakarta dan tahun depan bisa di Tasik, Garut dan lainnya," katanya.

(Mildan Abdalloh)

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600