Pegiat Alam Bebas Wajib Perhatikan Etika
Oleh Arditya Pramono, pada Nov 02, 2017 | 07:16 WIB
Pegiat Alam Bebas Wajib Perhatikan Etika
Harley B.Sastha (dokpri).

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM -- Kelompok Pecinta Alam Sejati Mahasiswa Keguruan Universitas Pendidikan Indonesia (PAS Maha Guru) Kampus Purwakarta menggelar sebuah acara diskusi ringan yang disebut "Ngopi" (ngobrol pintar) dengan tema "Bijak & Cerdas dalam Berkegiatan Alam Bebas" pada Rabu (1/11/2017) malam.

Acara yang digelar di lapangan depan gedung Normal School Kampus UPI Purwakarta dihadiri oleh puluhan anggota PAS Maha Guru baik anggota senior dan juga anggota baru serta perwakilan kelompok pecinta alam mahasiswa Purwakarta (Mapala Purwakarta) dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) Purwakarta. 

Ketua PAS Maha Guru, Roby Gumelar, mengatakan diskusi tentang berkegiatan alam bebas dimaksud agar mahasiswa pecinta alam baik dari UPI maupun mahasiswa lainnya serta masyarakat umum Purwakarta lebih sadar lagi saat melakukan kegiatan di alam bebas.

"Diskusi ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa pecinta alam agar sadar akan keselamatan dan keamanan saat melakukan kegiatan di alam bebas. Percuma kita main-main ke alam tapi kita enggak tahu bagaimana menjaga diri kita dan melestarikan alam itu sendiri," jelas Roby (1/11)

Hadir sebagai pembicara adalah penulis dan pemerhati konservasi Harley B. Sastha. Harley telah malang melintang keliling Indonesia, salah satunya "Ekspedisi Lolobata" di Provinsi Maluku Utara. Ia berbicara banyak soal etika di alam bebas.

Menurut Harley etika wajib pecinta alam adalah mengetahui status suatu kawasan sebelum dikunjungi. "Sebelum pergi ke suatu tempat kita harus tahu statusnya. Tahu wilayahnya. Jangan sampai ada wilayah contohnya yang masuk ke area konservasi tapi kita main masuk saja. Ibaratnya wilayah yang enggak boleh kita injak, eh malah kita injak," kata Harley.

Harley pun menyinggung tabiat pecinta alam yang bersifat malas mengindahkan peraturan yang ada saat mengunjungi suatu kawasan. Kemalasan tersebut, menurut Harley diakibatkan adanya anggpan kalau sudah membayar tiket masuk, bebas melakukan apapun. 

"Ya di manapun tempat yang kita kunjungi, biasakan bersikap layaknya tamu. Jangan sok, mentang-mentang sudah bayar tiket masuk, bebas ngelakuin apa aja," keluhnya. 

Tak lupa, Harley juga berpesan kepada seluruh mahasiswa pecinta alam untuk selalu menjaga dan melestarikan alam. 

"Percaya deh, kalau niatan kita bagus sama alam. Kita ke tempat A, B, C kalau niatnya untuk menikmati keindahanya, terus punya tujuan untuk menjaga dan melestarikanya, pasti ada rasa bahagia dalam diri kita. Ada perasaan dimana alam raya itu seperti welcome dengan kedatangan kita," tutup Harley.


 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600