310.000 Warga Purwakarta akan Diimunisasi Cegah Difteri
Oleh Arditya Pramono, pada Dec 07, 2017 | 10:42 WIB
310.000 Warga Purwakarta akan Diimunisasi Cegah Difteri
Kenali Difteri (istimewa)
PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM-- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta akan melaksanakan imunisasi masal dalam rangka menghentikan penularan dan menurunkan angka kematian akibat penyakit menular Difteri. 
 
"Kami akan melaksanakan ORI (outbreak response immunization) kepada warga Purwakarta usia 1 sampai 19 tahun yang menurut data jumlahnya sekitar 310 ribu orang pada minggu kedua Desember 2017 ini," ungkap Kepala Bidang P2P (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit) Dinkes Purwakarta, Muh Zubaidi pada Kamis (7/12/2017).
 
Menurut Zubaidi, Dinkes Purwakarta hanya melaksanakan imunisasi masal kepada warga yang berusia 1 sampai kurang dari 19 tahun karena pada rentang usia tersebutlah sangat rawan terkena Difteri. 
 
Di sisi lain, Zubaidi sempat menjelaskan bahwa dari awal Januari 2017 hingga saat ini, di Purwakarta sudah ada 29 kasus Difteri. 
 
"Sejak Januari 2017 hingga sekarang di Purwakarta sudah terjadi 29 kasus Difteri dengan penderita terbanyak di Kecamatan Tegalwaru dan Jatiluhur dengan masing-masing 8 orang penderita," jelasnya. 
 
Sementara itu, Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Purwakarta, dr. Eva Lystia Dewi mengharapkan peran serta orangtua dalam rangka membantu pelaksanaan imunisasi tersebut.
 
"Saya harap jangan ada penolakan. Saya imbau kepada orangtua untuk mau mengizinkan anaknya mendapatkan imunisasi di sekolah maupun di Puskemas terdekat agar kebal dari penularan penyakit Difteri," harap Eva.
Editor : A. Dadan Muhanda
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600