HUT Ke-99, Damkar Gelar Skill Competition se-Jabar
Oleh Arditya Pramono, pada Mar 07, 2018 | 20:57 WIB
HUT Ke-99, Damkar Gelar Skill Competition se-Jabar
Sejumlah anggota damkar dalam Skill Competition Petugas Damkar dan Emergency Response Time Perusahaan se-Jabar di Lapangan Sahate, Purwakarta, Rabu (7/3). (ayopurwakarta/Arditya Pramono)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Skill Competition Petugas Damkar dan Emergency Response Time (ERT) Perusahaan se-Jabar di Lapangan Sahate, Purwakarta pada Rabu (7/3/2018). Penyelenggaraan kompetisi tersebut dimaksudkan dalam rangka memperingati HUT ke-99 damkar. 

Kompetisi tersebut diikuti perwakilan damkar dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten  Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Cirebon, dan Kota Depok. Sementara, ERT perusahaan yang ikut andil di antaranya dari PT South Pasific Viscose, Indo Bharat Rayon, Indorama Spinning, Japfa, Indorama Polychem, Besland, Hino, dan PJT II. 

Bupati Purwakarta, Dadan Koswara, yang bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membuka kompetisi tersebut, mengatakan jika peran damkar sangatlah penting dalam rangka menanggulangi bencana khususnya terkait kebakaran.  

“Di usianya yang ke-99 ini peran damkar semakin penting seiring dengan berkembangnya pembangunan dan tingginya potensi atau risiko terjadinya kebakaran,” jelasnya. 

Lewat tugas damkar yang sangat penting tersebut, Dadan menekankan para anggota damkar harus bersikap disiplin dan ikhlas saat bertugas. “Purwakarta belum memiliki kendaraan yang mencapai gedung bertingkat dan ini akan dianggarkan. Kesejahteraan petugas damkar juga akan ditingkatkan di samping sarana dan prasarana lainnya,” ujarnya. 

Dadan menambahkan, sejatinya hari jadi damkar ini bukan cuma persoalan umur, tapi lebih kepada produktivitas. “Karena itu para personel damkar dituntut semakin profesional dan memiliki skill mumpuni,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono menyebutkan, dipilihnya Purwakarta sebagai penyelengara ini disebabkan karena Purwakarta telah berhasil menyabet prestasi di tingkat nasional. “Kami baru saja terpilih sebagai juara dua survival pada HUT Damkar Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kota Ambon, beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, penanganan penanggulangan bencana harus bersinergi. “Tanggung jawab kami tak melulu terkait kebakaran, namun juga bencana lainnya. Kami juga kini telah memiliki Pos Damkar di empat kecamatan, yakni di Purwakarta Kota, Plered, Wanayasa, dan Bungursari,” jelasnya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600