Cegah Kerusakan Konstruksi Jalan, Jasa Marga Gelar ODOL
Oleh Arditya Pramono, pada Mar 13, 2018 | 14:03 WIB
Cegah Kerusakan Konstruksi Jalan, Jasa Marga Gelar ODOL
Sebuah kendaraan truk berukuran besar saat berhenti di depan petugas Jasa Marga. (ayopurwakarta/Arditya Pramono)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi menggelar Operasi Over Dimensi dan Over Load (ODOL) bersama sejumlah instansi terkait di KM 72 dan 88 Purwakarta serta KM 149 Padalarang Barat. Penertiban ini dilakukan untuk mencegah kerusakan konstruksi jalan tol dan arteri.

Dalam operasi tahap pertama, PT Jasa Marga mengenakan tilang kepada para pelanggar. “Jika di tahap berikutnya masih terjadi pelanggaran, kami akan berkoodinasi dengan sejumlah pihak untuk memberikan sanksi penurunan barang yang over load,” ujar Deputi GM Traffic Management PT Jasa Marga Purbaleunyi, Adrie Koestiawan pada Selasa (13/3/2018).

Operasi tersebut dimulai selama 13-15 Maret 2018 di tempat istirahat dan pelayanan 88A. “Untuk jalur A dilaksanakan di rest area KM72 atau KM 88 pada pekan kedua setiap dua bulan sekali,” ujarnya. Sementara untuk jalur B, dilaksanakan di rest area KM 149 atau pool patroli Padalarang Barat pekan kedua setiap dua bulan sekali.

Dalam urusan pemberian sanksi tilang kendaraan over load, Jasa Marga bekerja sama dengan pihak kejaksaan dan pengadilan. “Soal sanksi kita koordinasikan dengan pihak penegak hukum,” jelasnya.

Diketahui, penindakan berupa tilang mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 307 yaitu pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600