Disperindag Sidak Produk Ikan Mengandung Parasit Cacing
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 03, 2018 | 17:55 WIB
Disperindag Sidak Produk Ikan Mengandung Parasit Cacing
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Purwakarta, Entis Sutisna (memakai topi hitam) bersama tim saat melakukan sidak pada (3/4/2018). (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Purwakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko swalayan di Purwakarta, Selasa (3/4/2017). Sidak tersebut dilakukan untuk menarik produk makarel dan mengawasi peredaran produk ikan dalam kaleng yang mengandung parasit cacing sesuai instruksi Badan POM RI. 

"Ya, kita laksanakan pengawasan. Hari ini, kami turun langsung ke supermarket untuk menarik produk yang memang sudah diinstruksikan BPOM RI yaitu produk makarel dan ikan dalam kaleng ," kata Kepala Dinas Disperindag Purwakarta, Entis Sutisna. 

Entis menambahkan, pihaknya melakukan pemgambilan sample kepada produk ikan dalam kaleng yang menurut BPOM jumlahnya ada 27 jenis terdiri dari 11 merek lokal dan 16 merek produk impor. 

"Kami tadi sudah periksa. Untuk makarel, pihak swalayan sudah menariknya. Nah dari 27 produk tersebut, ada beberapa yang kita temukan. Kita sudah ambil," ucapnya.

Dijelaskan, sample yang diambil tersebut akan dites di lab. 

"Kami akan langsung uji lab. Jika terbukti maka akan ditarik," ungkapnya. 

Sementara itu , Asisten Supervisor Tokma Cimaung Purwakarta, Apong menyebutkan pihaknya telah menyita seluruh produk makarel dari rak penjualan. 

"Begitu ada imbauan terkait makarel, kami sudah tarik semua. Kalau yang produk sarden yang masuk kategori 27 produk tersebut kita belum tahu ada imbauannya," ucapnya. 

Hal senda diungkapkan Store Manager Gian Ekstra Purwakarta, Ayi Tohir. Dia menyebutkan, seluruh produk makarel sudah ditarik. 

"Makarel sudah ditarik semua," ucapnya. 

Diketahui, sidak tersebut melibatkan pihak Disperindag, Dinas kesehatan dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), Sat Pol PP dan pihak terkait lainya. Selain melakukan sidak ke sejumlah pasar modern, pihak Disperindag juga akan melakukan sidak ke pasar tradisional. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600