Biar Rileks, Siswa SMK YPK Purwakarta Laksanakan UNBK dengan Lesehan
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 04, 2018 | 20:14 WIB
Biar Rileks, Siswa SMK YPK Purwakarta Laksanakan UNBK dengan Lesehan
Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Yayasan Pendidikan Kejuruan (YPK) Purwakarta, Rabu (4/4/2018). (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Ada yang unik dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Yayasan Pendidikan Kejuruan (YPK) Purwakarta. Para peserta ujian yang jumlahnya 86 siswa di dua ruangan terpisah tidak duduk di atas kursi, tapi bersila di atas lantai atau lesehan. 

"Sejak awal pelaksanaan UNBK, di sekolah kami sistemnya lesehan," jelas Wakil Kepala Sekolah SMK YPK Bidang Kurikulum, Edy Setiadi saat mengawasi jalannya pelaksanaan UNBK hari ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris, Rabu (4/4/2018).  

Menurut Edy, cara lesehan tersebut dinilai lebih bisa membuat nyaman peserta ujian, "Peserta ujian lebih rileks dan fokus dalam mengerjakan jawaban soal ujian."

Edy menambahkan tak hanya peserta ujian yang lesehan, para pengawas ujian juga tidak duduk di atas kursi. 

Diketahui, di Kabupaten Purwakarta sendiri, terdapat 51 sekolah SMK Negeri dan Swasta yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri di tempatnya masing masing, dengan total seluruh peserta UNBK tingkat SMK Negeri dan Swasta sebanyak 6.035 peserta.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600