BP3TKI: Timur Tengah Destinasi Favorit TKI
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 12, 2018 | 20:34 WIB
BP3TKI: Timur Tengah Destinasi Favorit TKI
Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia. (Seruji)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung mengatakan negara-negara di kawasan Timur Tengah masih merupakan destinasi favorit para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hal itu terjadi lantaran masih banyak calon TKI yang merasa bakal mudah pergi umrah maupun naik haji jika bekerja di sejumlah negara Timur Tengah tersebut. 

"Banyak karena faktor religi ya. Calon TKI menganggap kerja di negara-negara timur tengah bisa lebih mudah kalau mau umrah maupun naik haji," kata perwakilan BP3TKI Bandung, Neng Wepi saat Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman Tingkat Kecamatan di Aula Balai Lapangan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purwakarta pada Kamis (12/4/2018). 

Meskipun demikian, Wepi mengatakan saat ini pengiriman tenaga kerja ke sejumlah negara di timur tengah sedang mengalami moratorium. "Jumlahnya ada 19 negara di timur tengah. Nah pengiriman ke sana kita stop dulu," ucapnya. 

Menurut Wepi, moratorium tersebut dimaksudkan untuk perbaikan tata kelola perlindungan TKI. 

"Tujuan pemberlakukan moratorium adalah perbaikan tata kelola perlindungan TKI, mendorong negara tujuan seperti di timur tengah untuk memperbaiki aturan atau tata kelola penempatan dan perlindungan pekerja asing dan memiliki mekanisme penyelesaian masalah TKI,” katanya. 

Diketahui 19 negara tersebut adalah Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Kuwait, Irak, Lebanon, Libya, Maroko, Mauritania, Mesir, Oman, Sudan, Qatar, Palestina, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab (UEA), Yaman, dan Yordania.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600