Pengakuan Polwan saat Bertugas sebagai Babinkamtibmas
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 13, 2018 | 15:20 WIB
Pengakuan Polwan saat Bertugas sebagai Babinkamtibmas
Babinkamtibmas Polres Subang. (Arditya Pramono/ayobandung)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Secara umum petugas Polisi Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat didominasi kaum pria. Namun, di wilayah Kabupaten Subang ternyata sejumlah Babinkamtibmas "dikuasai" Polisi Wanita.

Salah satunya adalah Bripda Retno yang sehari-harinya bertugas sebagai Babinkamtibmas di Desa Cigadung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang. Ia mengaku telah bertugas sebagai Babinkamtibmas selama 13 bulan. 

"Ya, memang kebanyakan Babinkamtibmas cowok. Tapi enggak ada masalah. Kalau kita sudah dipercaya untuk mengemban tugas, ya kita laksanakan," katanya kepada Ayopurwakarta, Jumat (13/4/2018) saat berada di Purwakarta dalam rangka mengikuti Sosialisasi Literasi Digital di Kantor Pemkab Purwakarta.  

Retno justru percaya diri sebagai seorang polwan tugasnya akan lebih baik dibandingkan petugas polisi pria. 

"Justru sebagai polwan saya bisa lebih masuk ke seluruh lapisan masyarakat di desa terutama kaum ibu-ibu rumah tangga dan wanita pada umumnya," katanya. 

Hal sama diungkapkan oleh Bripda Tiara yang merupakan Babinkamtibmas di Desa Cisampih, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang. Tiara yang merupakan penduduk lokal daerah itu mengaku dapat menjalankan tugas Babinkamtibmas yang ia emban dengan baik. 

"Penduduk ada yang mayoritas perempuan. Jadi kehadiran kami sebagai Babinkamtibmas di sini bisa lebih diterima masyarakat," katanya. Diketahui, menurut pengakuan mereka, untuk di wilayah Kabupaten Subang terdapat sejumlah 15 personel Babinkamtibmas yang merupakan Polwan. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600