10 Negara yang Melarang Konsumsi dan Peredaran Miras
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 13, 2018 | 11:05 WIB
10 Negara yang Melarang Konsumsi dan Peredaran Miras
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Indonesia terguncang gara-gara kasus miras maut di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Bagaimana tidak? Ratusan jiwa sekarat dan puluhan jiwa meninggal akibat kejadian tersebut.

Tak ayal, hal itu membuat Pemerintah Indonesia mempertimbangkan kembali aturan penjualan miras di Indonesia.

Sementara itu, sejumlah negara telah lama membuat kebijakan larangan miras. Seperti melansir World Atlas, berikut 10 negara yang melarang peredaran miras.

 

Bangladesh 

Negara di Asia Selatan ini melarang keras penjualan dan konsumsi miras secara umum. Di Bangladesh, hanya orang nonmuslim saja yang boleh menenggak miras. Selain itu, mereka yang minum miras harus berada di tempat privasi, bukan di tempat umum. 

Brunei

Sama seperti Bangladesh, masyarakat Brunei tidak bisa meminum miras. Orang asing nonmuslim yang masuk Brunei hanya boleh membawa dua botol miras dan 12 kaleng bir. 

India

Negara bollywood ini melarang penjualan dan konsumsi miras. Namun, larangan tersebut hanya diberlakukan di beberapa negara bagian saja seperti Negara Bagian Gujarat, Nagaland, dan Bihar. 

Iran

Warga muslim di Iran dilarang minum alkohol. Namun, warga nonmuslim tidak dilarang untuk memproduksi dan mengonsumi miras. 

Kuwait

Di Kuwait, siapa pun tidak bisa meminum maupun menjual miras. Jika ada orang asing nonmuslim yang kedapatan menenggak miras, maka ia bisa mendapatkan sanksi hingga deportasi.

Libya

Sama seperti Kuwait, larangan mengonsumi miras diberlakukan kepada seluruh warga dan orang asing yang berkunjung. Namun, dengan larangan yang kuat, justru banyak miras ilegal yang diperjualbelikan di Libya.

Maladewa

Negara destinasi favorit turis mancanegara ini melarang penduduk lokal untuk minum miras. Namun, bagi para turis, mereka diperbolehkan minum di sejumlah tempat yang sudah ditentukan seperti hotel dan restoran. 

Pakistan

Negara Islam ini memperbolehkan miras selama tiga dekade sejak kemerdekaannya. Namun, setelah Pakistan dipimpin oleh Zulfikar Ali Bhutto dan usai masa kepemimpinanya pada 1977, miras dilarang dijual dan dikonsumsi. Meski begitu, warga nonmuslim Pakistan masih bisa minum miras dengan jatah lima botol miras dan 100 botol bir dalam sebulan. 

Arab Saudi

Di Arab Saudi, semua orang dilarang memproduksi, menjual, dan mengonsumi miras. Hukuman berat akan diberlakukan kepada siapa saja yang berani melanggar larangan tersebut. 

Somalia

Semua orang dilarang minum miras. Namun, warga nonmuslim dan orang asing boleh mengonsumi miras di bawah aturan pemerintah yang ketat.

Source: World Atlas

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600