Di Negara-Negara Ini, Jumlah Perempuan Lebih Banyak Ketimbang Pria
Oleh Arditya Pramono, pada Apr 14, 2018 | 18:57 WIB
Di Negara-Negara Ini, Jumlah Perempuan Lebih Banyak Ketimbang Pria
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Tidak semua negara memiliki jumlah populasi penduduk berdasarkan gender antara laki-laki dan perempuan yang seimbang. Sejumlah negara kadang memiliki jumlah perempuan yang lebih banyak dibanding laki-laki. 

Dilansir dari World Atlas, berikut lima negara dengan jumlah penduduk perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki. 

 

Latvia

Latvia adalah negara bekas Uni Soviet yang jumlah penduduk laki-lakinya berkurang sangat drastis akibat Perang Dunia II. Tahun 2015, populasi penduduk berjenis kelamin perempuan di Latvia adalah 54,10%. Banyak ahli menyimpulkan bahwa kurangnya populasi laki-laki diakibatkan oleh angka kematian yang tinggi akibat minuman keras, rokok, dan kecelakaan lalu lintas. Sementara itu, 80% angka bunuh diri di Latvia berasal dari kaum laki-laki. 

Lituania

Tahun 2015, penduduk Lituania berjenis kelamin perempuan adalah 54% dari total jumlah penduduk. Angka harapan hidup laki-laki di Lituania memang lebih rendah dibanding perempuan. Angka harapan hidup perempuan mencapai usia 79,3 tahun, sedangkan laki-laki hanya 68,1 tahun. 

Curacao

Negara di sekitar Laut Karibia ini memiliki populasi perempuan mencapai 53.90% dari total penduduk. Angka harapan hidup perempuan mencapai 80,2 tahun, sedangkan laki-laki hingga 72,4 tahun. 

Ukraina

Di Ukraina, jumlah penduduk perempuan mencapai 53,70%. Banyaknya jumlah penduduk perempuan dibanding laki-laki dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu masalah kesehatan, kejiwaan, dan juga tingginya jumlah laki-laki Ukraina yang merantau, mengadu nasib di luar negeri. 

Armenia

Penduduk Armenia berjenis kelamin perempuan mencapai angka 53,60% dari total populasi. Lebih tingginya jumlah perempuan di Armenia disebabkan oleh tingginya jumlah laki-laki Armenia yang bekerja di luar negeri.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600