BP3TKI: Sulit Cegah TKI Nonprosedural
Oleh Arditya Pramono, pada May 02, 2018 | 20:57 WIB
BP3TKI: Sulit Cegah TKI Nonprosedural
Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Bandung, Budi Dermawan saat diwawancarai pada Rabu (2/5/2018). (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Bandung, Budi Dermawan, mengatakan sangat sulit untuk menghentikan perginya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang non prosedural. 

"Jujur saja sulit. Karena banyak agen penyalur TKI yang ilegal mengirimkan TKI secara terselubung," jelasnya usai berbicara di acara Kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri &  Migrasi Aman  pada Rabu (2/5/2018).

Menurut Budi, cara mencegah perginya TKI non prosedural/ilegal adalah dengan melakukan banyak sosialisasi agar calon TKI mendapatkan informasi yang benar dan bermanfaat sebelum memilih agen penyaluran dan berangkat ke luar negeri. 

"Caranya daftar dulu saja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terdekat," katanya.

Sementara itu, Kasubdit Monitoring dan Evaluasi Direktorat Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI, Edy Sujarwo mengatakan, calon TKI harus mampu memahami dan memproteksi diri mereka dengan menjadi TKI yang prosedural.

"Daftarnya prosedural, berangkatnya prosedural, balik ke Indonesia prosedural agar TKI dapat bekerja dengan baik dan lancar sekaligus bisa pulang ke Indonesia dengan aman," jelasnya. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600