Manis dan Gurihnya Bakso Durian di Purwakarta
Oleh Arditya Pramono, pada May 10, 2018 | 16:57 WIB
Manis dan Gurihnya Bakso Durian di Purwakarta
Seporsi bakso durian di Kedai Durian Medan 25, Purwakarta. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Siapa yang tak kenal bakso? Makanan paling populer se-Indonesia berbentuk seperti bola pingpong dengan balutan daging yang biasanya disantap dengan mi dan kuah pada sebuah mangkok. 

Bakso bisa dikatakan sebagai santapan yang cocok dinikmati dalam berbagai suasana. Siang atau malam, panas atau dingin, sah-sah saja memilih bakso sebagai santapan pengganjal perut di saat keroncongan. 

Sebagai makanan sejuta umat, bakso memiliki cukup banyak varian berbeda, mulai dari bakso urat, bakso isi cincang, bakso isi telur, hingga bakso isi keju dan bakso beranak. Jika varian tersebut terdengar cukup familiar atau biasa saja, maka di Kabupaten Purwakarta, ada satu varian bakso unik lainya alias lain dari pada yang lain, yakni bakso durian.

Bakso durian disajikan oleh  Kedai Durian Medan 25 yang berlokasi di Jalan KK Singawinata. Ketika membuka menu, maka berbagai olahan durian ditawarkan di sini. Tapi itu mainstream, karena menu yang dicari adalah bakso durian yang jelas sangat jarang dijumpai, bahkan boleh jadi satu-satunya di Purwakarta.

Di halaman kedua dari buku menu tersebut, Anda akan menjumpai menu bakso durian yang harganya tertera Rp 11.000. Tanpa pikir panjang, seporsi bakso durian mantap dipesan. Dan tak perlu menunggu lama, pesanan pun langsung diantar. 

Dari tampilannya, bakso durian ini memiliki ukuran yang cukup besar. Ditambah dua bakso berukuran kecil plus mi putih, porsi tersebut dijamin cukup membuat perut kenyang.

Dari aromanya, dapat tercium jejak aroma durian, dan ketika baksonya dibelah, aroma durian langsung keluar menyeruak. Tampak di dalam bakso tersebut daging durian dengan rasa manis siap disantap. Ada sensasi tersendiri ketika rasa manis durian berpadu dengan gurihnya bakso. 

Ditemui usai menyantap kelezatan bakso durian, si pemilik Kedai Durian Medan, pasangan suami istri Marcelinus dan Ika Harefa menyebutkan, menu itu baru sebulan terakhir diperkenalkan.

“Seperti kedai durian pada umumnya, kami menyediakan menu berbagai olahan durian, khususnya sop durian. Keunggulan kami, bahan baku yang menggunakan durian Medan asli yang langsung dikirim menggunakan kargo pesawat,” kata Marcelinus beberapa hari lalu.

Linus—panggilan akrabnya—menjelaskan, sejak membuka kedai tersebut, dirinya tak ingin main-main dengan kualitas. “Bakso durian ini menggunakan daging durian Medan. Jadi rasanya gurih khas daging sapi dan manis khas durian Medan,” ucapnya.

Linus mengaku, sejak menawarkan menu bakso durian, semakin banyak yang memesannya, terutama di akhir pekan. “Bisa sampai 50 porsi. Terlebih saat car free night setiap Sabtu malam, pelanggan kami membeludak," katanya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600