Enam Manfaat Puasa bagi Tubuh
Oleh Arditya Pramono, pada May 17, 2018 | 11:47 WIB
Enam Manfaat Puasa bagi Tubuh
Ilustrasi. (gulfnews)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Selain sebagai kewajiban ibadah bagi umat muslim, puasa di Bulan Ramadan mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh manusia. 

Puasa yang secara umum membuat kita harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam selama satu bulan, memiliki efek positif bagi tubuh manusia. Seperti dikutip dari draxe.com, berikut adalah enam manfaat puasa bagi tubuh. 

1. Mengurangi lemak
Puasa adalah cara terampuh mengurangi lemak. Sebuah studi pada 2015 menyimpulkan puasa mampu mengurangi berat badan maksimal sebesar 7% dan mengurangi lemak seberat 6 kilogram. 

2. Mempercepat sekresi hormon HGH
Human Growth Hormone atau HGH adalah hormon yang ampuh membakar lemak dan membuat otot kuat. Saat berpuasa, HGH akan lebih sering diproduksi. 

3. Membuat sensitivitas insulin kembali normal untuk terhindar dari diabetes
Ketika tubuh terlalu banyak mendapatkan karbohidrat dan gula, hal itu akan membuat resisten terhadap insulin yang sering membuka jalan bagi masuknya penyakit kronis, termasuk diabetes tipe-2. Jika Anda tidak ingin terjangkit diabetes, sangat penting untuk menjaga tubuh sensitif terhadap insulin dengan cara berpuasa. 

4. Menormalkan hormon Ghrelin
Ghrelin adalah hormon yang membuat tubuh kita merasakan lapar. Dengan puasa, Anda akan menormalkan hormon ghrelin. Sekresi hormon ghrelin yang normal membuat rasa lapar akan timbul dengan normal, tidak terus-terusan. 

5. Menurunkan hormon Trigliserida
Ketika mengonsumsi terlalu banyak kolesterol jahat, kadar trigliserida Anda akan naik. Naiknya hormon tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Saat puasa, hormon trigliserida akan berkurang. 

6. Menunda proses penuaan
Meskipun belum terbukti pada manusia, studi awal pada tikus tampaknya menghubungkan puasa dengan peningkatan umur panjang. Sebuah studi yang dilakukan pada sejumlah tikus memberikan kesimpulan bahwa puasa menurunkan berat badan dan meningkatkan rentang hidup pada tikus yang berpuasa. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600