Lima Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia
Oleh Arditya Pramono, pada Jun 02, 2018 | 13:10 WIB
Lima Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia
Kurma.

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Kurma merupakan buah favorit yang paling banyak dikonsumsi saat Bulan Suci Ramadan. Masyarakat Indonesia pada umumnya menyantap buah kurma saat berbuka puasa. 

Permintaan konsumen terhadap buah kurma sangat tinggi saat Ramadan. Karena buah ini tidak cocok tumbuh di Indonesia, hampir setiap tahun saat Ramadan, banyak pedagang yang mengimpor kurma dari luar negeri, khususnya sejumlah negara di kawasan Timur Tengah. 

Dikutip dari worldatlas, berikut Ayopurwakarta berikan 5 negara penghasil kurma terbesar di dunia. 

1. Mesir
Di urutan pertama sebagai negara penghasil kurma terbesar di dunia adalah Mesir. Negeri asal Putri Cleopatra ini, mampu menghasilkan 1,08 juta ton kurma dalam setahun. 17% produksi kurma dunia berasal dari Mesir. 53% kurma Mesir diekspor ke Maroko, dimana 24% dan 15% diekspor ke Indonesia dan Malaysia. 

2. Iran
Selain sebagai negara penghasil kunyit terbesar di dunia, Iran ternyata juga mampu memproduksi kurma dengan jumlah 947,8 ribu ton. Hal tersebut menempatkan Iran sebagai negara penghasil kurma nomor dua terbesar di dunia setelah Mesir. Iran mengekspor kurma mereka ke India, Malaysia dan Rusia. 

3. Arab Saudi
Di posisi ke-tiga ada Arab Saudi. Negara ini mampu menghasilkan 836,9 ton kurma dalam setahun. Dalam setahun, Arab Saudi mampu mendapatkan $ 94,3 juta dari ekpor kurma ke sejumlah negara seperti Yordania, Yaman dan Kuwait. 

4.Irak
Dalam setahun produksi kurma Irak bisa mencapai 675,4 ribu ton. Tahun 2014, Irak memperoleh keuntungan $ 77,5 juta dari ekspor kurma ke India, Mesir dan Maroko. 

5.Pakistan
Pakistan berada di urutan ke-lima negara penghasil kurma terbesar di dunia. Dalam setahun, Pakistan mampu memproduksi 556,6 ribu ton kurma.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600