Ini Materi Khutbah Idulfitri Sekertaris MUI DKI Jakarta Besok
Oleh Arditya Pramono, pada Jun 14, 2018 | 10:27 WIB
Ini Materi Khutbah Idulfitri Sekertaris MUI DKI Jakarta Besok
Sekretaris Majelis Ulama (MUI) Provinsi DKI Jakarta, Robi Nurhadi. (Arditya Pramono/ayopurwakarta).

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Sekretaris Majelis Ulama (MUI) Provinsi DKI Jakarta, Robi Nurhadi akan menjadi Imam sekaligus Khatib dalam Salat Idulfitri 1439 H, di Masjid As-Salam, Perum Bumi Gandasari, Cigelam, Kabupaten Purwakarta pada Jumat (15/6/2018). 

Ustadz Robi yang juga merupakan pendiri Pesantren Madani di lingkungan masjid tersebut mengatakan, isi khutbah yang akan diangkat dalam Salat Idulfitri tersebut akan mengambil tema "Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Indonesia."

"Diangkatnya tema penguatan nilai-nilai kebangsaan tersebut merupakan respon merosotnya nilai-nilai kebangsaan dengan adanya fenomena terorisme dan radikalisme serta sekulerisme akhir-akhir ini," ungkap Robi pada Kamis (14/6/2018). 

Menariknya, menurut Ustadz Robi yang asli Urang Purwakarta ini, nilai-nilai khas kebangsaan sesungguhnya telah melekat pada jati diri masyarakat Purwakarta secara umum. 

"Purwakarta memiliki nilai-nilai khas kebangsaan yang bisa disumbangkan untuk penguatan nilai-nilai kebangsaan Indonesia, seperti sabilulungan yang bermakna persaudaraan yang erat, lalu rumangsa yang bermakna bersimpati dalam perbedaan (toleransi) yang berdasar pada keinginan untuk hidup bersama," jelasnya.  

Pendiri Taman Kanak-kanak berbasis Islam dan entrepreneurship sejak dini itu juga menambahkan, nilai-nilai kebangsaan dari Tatar Purwakarta sangat serupa dengan ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk membangun tasamuh yang bermakna menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas ajaran Islam.

"Toleransi adalah salah satu inti ajaran Islam yang sejajar dengan hikmat kebijaksanaan (rahmah), manfaat universal (al-Maslahah al-Ammah), dan keadilan. Karena itu, nilai-nilai ini penting untuk dikembalikan menjadi fitri melalui semangat Idul Fitri tahun 2018 ini," jelasnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600