Memeras Kambing Sambil Menikmati Segarnya Susu Kambing Etawa
Oleh Arditya Pramono, pada Jul 02, 2018 | 15:22 WIB
Memeras Kambing Sambil Menikmati Segarnya Susu Kambing Etawa
Seorang pengunjung saat memeras kambing etawa di rumah produksi susu kambing etawa, Purwakarta, Senin (2/7). (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Memeras susu kambing bisa jadi pengalaman unik. Apalagi, usai memeras, susu segar itu bisa langsung diminum.

Ini bukan susu kambing peras jenis biasa. Kambing ini adalah kambing jenis etawa yang dikenal dengan tubuhnya yang lebih besar ketimbang kambing lainnya.

Untuk bisa menjajal sensasi itu, kamu bisa datang ke rumah produksi susu kambing etawa di Jalan Basuki Rahmat, Gang Gelatik, Cipaisan, Kabupaten Purwakarta.

Seorang pengunjung, Akbar (6), mengaku senang bisa memeras susu kambing etawa. “Enggak takut, sih, om. Karena habis itu bisa minum susu kambing yang enak dan sehat,” kata dia, Senin (2/7/2018).

Setelah memeras kambing, biasanya karyawan rumah produksi susu bakal menyaringnya dengan kelambu.

Susu yang disaring kemudian dimasukkan ke dalam gelas takaran. Untuk ukuran ¼ liter, pengunjung hanya cukup membayar dengan Rp10.000, sedang susu 1 liter dibanderol dengan harga Rp40.000.

Khasiat susu kambing etawa tak perlu diragukan lagi. Susu itu punya manfaat sebagai pengobatan herbal untuk sejumlah penyakit pernapasan. “Khasiatnya seperti pengobatan alternatif herbal. Seperti asma, bronkitis, paru-paru, dan flek,” ujar salah seorang karyawan rumah produksi susu, Jaya Trisna (33).

Tak hanya itu, susu kambing etawa juga manjur menstabilkan tekanan darah dan berfungsi menjaga kekebalan tubuh. “Untuk ibu hamil juga bagus,” kata Jana.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600