Kemarau Tidak Kurangi Rencana Pencapaian Target Produksi Pertanian
Oleh Arditya Pramono, pada Jul 03, 2018 | 14:20 WIB
Kemarau Tidak Kurangi Rencana Pencapaian Target Produksi Pertanian
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus R Suherlan. (Arditya Pramono/ayopurwakarta).

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Suherlan mengatakan, musim kemarau berpengaruh terhadap kondisi kebutuhan air. Namun kondisi tersebut, tidak mengurangi target produksi pertanian di Kabupaten Purwakarta. 

"Berpengaruh terhadap ketersediaan air, namun sudah diantisipasi. Jadi untuk target 40-42 ribu hektar produksi pertanian atau lahan indeks pertanaman 2,6 kali dalam satu tahun, Insya Allah masih bisa kecapai," katanya di Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Jalan Suryadireja, Selasa (3/7/2018). 

Menurut Agus, untuk tetap menjaga pencapaian target di musim kemarau, pihaknya telah mendorong petani untuk menanam lebih awal sebelum masuk musim kemarau. 

"Contohnya di Kecamatan Maniis sebagai daerah ekstrem tadah hujan. Di Maniis, 600 hektar lebih lahan pertanian saat ini masuknya kemarau sudah melakukan panen," ucapnya. 

Pada musim kemarau, sejumlah hama yang menyerang lahan pertanian juga berkurang. Dengan kondisi seperti itu, proses pencapaian target produksi lahan pertanian justru bisa lebih baik. 

"Saat musim hujan hama banyak, kalau kemarau justru lebih sedikit hama yang menyerang lahan pertanian," katanya. 

Selain itu, lanjut Agus, lahan pertanian di Purwakarta masih bisa memaksimalkan pemanfaatan air bawah tanah saat musim kemarau. "Insya Allah pemanfaatan air bawah tanah bisa membantu produksi lahan pertanian saat kemarau," ucapnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600