Terapi Ikan Gratis, Coba Sensasi Gelinya
Oleh Arditya Pramono, pada Jul 06, 2018 | 12:49 WIB
Terapi Ikan Gratis, Coba Sensasi Gelinya
Warga saat mencoba terapi ikan di kolam milik Abdullah di Kabupaten Purwakarta. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Terapi kesehatan dengan media ikan atau yang sering disebut dengan fish spa kini telah menjadi gaya hidup yang marak di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia, bahkan di Kabupaten Purwakarta. 

Terapi yang mulai kesohor di sekitar awal dekade 2000an itu dapat dinikmati dengan cuma-cuma di kolam kecil milik warga, Abdullah (38). Kolam kecil itu berada di Gang Gelatik, Kelurahan Cipaisan, Kabupaten Purwakarta.

Kolam milik Abdullah ini menggunakan ikan garra rufa yang berukuran kecil sebagai medium terapi. Ikan itu berasal dari Turki, negara yang pertama kali mempopulerkan konsep fish spa.

Terapi ikan sendiri dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bekas luka, dan mampu memenangkan pikiran. 

"Silakan kalau mau terapi ikan di sini gratis.  Insya Allah terapinya bermanfaat," kata Abdullah beberapa waktu lalu.  

Salah seorang warga, Didin (29), mengaku sering merendam kakinya di kolam ikan terapi milik Abdullah. Setelah kakinya direndam dan digigit ikan selama beberapa menit, dia merasa kalau tubuhnya lebih rileks, terutama di bagian kaki.

"Sering kalau pegal-pegal saya suka rendam kaki biar digigit ikan terapi. Nah, kalau sudah lima menit saya berhenti rendamnya, perasaan, sih, tubuh lebih rileks," ujar Didin. 

Hal berbeda tapi lucu dirasakan warga lainnya, Bagus (27). Karena baru pertama kali merasakan sensasi digigit ikan, dia merasakan geli yang luar biasa.

"Awalnya geli, ya, terus sedikit takut digigit-gigit gitu. Cuma lama kelamaan terbiasa. Enak rasanya," aku Bagus.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600