Komisi IX DPR RI Dorong Penguatan Lembaga BPOM
Oleh Arditya Pramono, pada Jul 28, 2018 | 17:05 WIB
Komisi IX DPR RI Dorong Penguatan Lembaga BPOM
Anggota Komisi IX DPRRI, Fraksi Partai Gerindra, Putih Sari. (Arditya Pramono/ayopurwakarta).

PASAWAHAN, AYOPURWAKARTA.COM--Komisi IX DPR RI kini sedang mendorong penguatan lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk hadir tak hanya di wilayah provinsi saja namun juga di wilayah setingkat kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. 

"Komisi IX sedang mendorong rencana penguatan kelembagaan BPOM tersebut. Sehingga tak hanya berdiri di wilayah provinsi saja namun bisa di daerah kota maupun kabupaten," kata Anggota Komisi IX Fraksi Partai Gerindra, Putih Sari dalam acara Pemberdayaan Masyarakat Melalui  Komunikasi Informasi dan Edukasi Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA) di Gedung Graha Asshodriyah, Sabtu (28/7/2018). 

Putih mengatakan, selain penguatan kelembagaan di BPOM sendiri, hal yang tak kalah penting adalah mengajak masyarakat luas untuk aktif meningkatkan kesehatan mereka dengan mengetahui makanan dan obat yang layak dikonsumsi. 

"Dalam GNPOPA ini makanya masyarakat tadi diajarkan untuk tahu mana ciri-ciri makanan dan obat yang layak kemudian bungkus makanan dan obat seperti apa yang masih baik dan sebagainya," ujarnya. 

Putih yakin, jika masyarakat paham maka mereka akan lebih selektif terhadap makanan dan obat yang dikonsumsi. 

"Jangan ragu juga untuk melapor ke Dinas Kesehatan di kota dan kabupaten masing-masing atau langsung lapor BPOM Provinsi jika menemukan makanan dan obat yang tidak layak," katanya. 

Sementara itu, terkait masalah banyaknya obat impor yang beredar di Indonesia, Puti menjelaskan hal tersebut adalah hal yang wajar namun jangan sampai obat tersebut tidak teregister dengan baik. 

"Faktanya kita masih memerlukan obat impor untuk memenuhi kebutuhan nasional. Itu gak papa yang jadi masalah adalah harus teregister dengan baik," ucapnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600