Aju Dapatkan Manfaat Tambahan Return to Work dari BPJS-TK
Oleh Arditya Pramono, pada Sep 05, 2018 | 11:59 WIB
Aju Dapatkan Manfaat Tambahan Return to Work dari BPJS-TK
Aju Saiun (tengah) saat bersama Kepala BPJS-TK Purwakarta, Didi Sumardi (kanan). (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Seorang karyawan perusahan, bernama Aju Saiun (54) merasa beruntung karena semua pengobatan medis yang ia jalani ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Kabupaten Purwakarta. 

Aju sebelumnya mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pengecekan terhadap mesin carding di perusahaan tempat ia bekeja, PT Koin Multi Star di daerah Cijunti, Campaka, Kabupaten Purwakarta pada 27 Desember 2017 silam. 

Akibat kecelakaan tersebut, pergelangan tangan Aju harus diamputasi.

"Alhamdulillah semua biaya dari awal sampai saya akhirnya mendapatkan pergelangan tangan palsu ditanggung oleh BPJS-TK," katanya saat memberikan testimoni dalam rangkaian acara perayaan Hari Pelanggan Nasional di Kantor BPJS-TK Purwakarta pada Rabu (5/9/2018). 

Meskipun Aju kini tidak lagi memiliki pergelangan tangan yang sempurna seperti dulu, ia masih diterima bekerja di perusahaan lnya yang dulu namun dengan bagian atau divisi kerja yang berbeda. Disesuaikan dengan kemampuannya. 

Sementara itu, Kepala BPJS-TK Purwakarta Didi Sumardi, menjelaskan bahwa Aju Saiun adalah peserta BPJS-TK yang telah mendapatkan manfaat tambahan Return to Work (RTW) dari program BPJS-TK Jaminan Kecelakaan Kerja. 

"RTW merupakan pertambahan manfaat dari Program BPJS Ketenagakerjaan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat," jelas Didi. 

Ia menambahkan pekerja yang ikut dalam program itu akan didampingi dari mulai terjadinya kecelakaan  hingga peserta mampu kembali bekerja. 

"Jadi bagi peserta JKK-RTW, kecelakaan yang mengakibatkan kecacatan bukanlah akhir segalanya karena dengan  program BPJS Ketenagakerjaan maka kesempatan bekerja kembali masih terbuka luas," katanya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600