Bawaslu Purwakarta Temukan Ribuan DPT Ganda Pemilu 2019
Oleh Arditya Pramono, pada Sep 13, 2018 | 19:08 WIB
Bawaslu Purwakarta Temukan Ribuan DPT Ganda Pemilu 2019
Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos. (Arditya/ayopurwakarta)
PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menemukan ribuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 yang diduga ganda. 
 
"Ada 1.036 pemilih terduga ganda dan kami telah rekomendasikan hal tersebut kepada KPU untuk dicek dan dihapus," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos pada Kamis (13/9/2018).
 
Binos menjelaskan, temuan tersebut diperoleh dari hasil pencermatan terhadap berkas DPT Pemilu yang diterima Bawaslu. "Jumlah 1.036 pemilih tersebut teridentifikasi ganda pada pelbagai aspek, mulai dari NIK, nama dan tanggal lahir," ujarnya. 
 
Dari DPT yang diduga ganda itu, 496 data direkomendasikan untuk harus segera dihapus oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta sedangkan sisanya harus diubah. 
 
Oleh karena itu, DPT Pemilu 2019 di Purwakarta mengalami pengurangan 496 data menjadi sebanyak 666.476 DPT. "DPT ini sangat penting, tidak hanya sekedar jumlah logistiknya, tapi juga menyangkut pada kualitas pemilu. Semakin baik DPT-nya semakin baik pemilunya," jelasnya. 

AYO BACA : Pendaftaran Bacaleg, Panwas Soroti Masalah Administrasi

AYO BACA : 100 Temuan dan Laporan Hiasi Pilkada Purwakarta

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600