Sungai Cibayawak Tercemar Limbah, Ini Tindakan Tegas Pemkab Purwakarta
Oleh Arditya Pramono, pada Sep 18, 2018 | 14:42 WIB
Sungai Cibayawak Tercemar Limbah, Ini Tindakan Tegas Pemkab Purwakarta
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Didi Suardi

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Didi Suardi memberikan tanggapan terkait dugaan video pencemaran lingkungan khususnya sungai yang beredar di kanal YouTube milik penggiat hewan dan lingkungan, Panji Petualang. 

Menurut Didi, pihaknya telah menurunkan 6 orang tim untuk mengecek langsung kebenaran video tersebut. 

"Kita responsif, sudah ada tim yang turun untuk mengecek kebenaran video itu sekaligus melihat seberapa jauh kerusakan lingkungan akibat pencemaran tersebut," jelasnya kepada ayopurwakarta.com, Selasa (18/9/2018). 

Menariknya, lokasi yang ditunjukan Panji dalam videonya yang berjudul "Petaka Limbah Untuk Kehidupan Satwa" diduga di Sungai Cibayawak, Desa Cilandak Kecamatan Cibatu memang telah lama mendapat keluhan dari warga sejak tahun 2017.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup pun telah tiga kali melakukan pembinaan dan teguran kepada pabrik yang diduga mencemari sungai tersebut jauh sebelum video itu tayang di YouTube. 

"Sejak 2017 sudah ada keluhan warga, waktu itu soal bau yang menyengat akibat limbah. Kita pun sudah turun tangan untuk langsung memberikan peringatan bahkan pembinaan selama tiga kali. Pabrik itu sudah melaksanakan anjuran kami, tapi sekarang kasus pencemaran terjadi lagi," jelasnya. 

Pada saat ada teguran dan pembinaan, kondisi sungai pun sempat membaik namun kembali kotor. 

Lewat tiga kali teguran dan pembinaan, Didi mengungkapkan pabrik tersebut dinilai kurang menyeluruh dalam proses pengolahan limbah. 

"Dulu kita sudah beri rekomendasi untuk mengolah limbah seperti apa dan bagaimana kepada mereka melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah," ungkapnya. 

Didi yakin apabila pengelolaan limbah dilaksanakan secara prosedural, pencemaran tidak akan terjadi. 

Sementara itu, menurut Didi, hasil pemeriksaan tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta terkait pencemaran lingkungan di Sungai Cibayawak selanjutnya akan disampaikan kepada pihak provinsi. 

"Hasilnya kita berikan ke provinsi setelah itu provinsi akan menerjunkan pejabat pengawas lingkungan hidup (PPLH)," katanya. 

Lewat PPLH, berita acara akan dibuat untuk menentukan sanksi ataupun tindakan kepada pabrik yang terbukti mencemari lingkungan.

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600