Ribuan Karyawan Mogok Kerja Tuntut Pembayaran Upah
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 01, 2018 | 15:33 WIB
Ribuan Karyawan Mogok Kerja Tuntut Pembayaran Upah
Situasi demo PT. Il Jin Sun kembali melakukan aksi demo di depan pabrik Il Jin Sun, Jalam Raya Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta pada Senin (1/10/2018). (Arditya Pramono/ayobandung)

BUNGURSARI,AYOPURWAKARTA.COM--Sebanyak 1400 karyawan dari PT. Il Jin Sun kembali melakukan aksi demo di depan pabrik Il Jin Sun, Jalam Raya Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta pada Senin (1/10/2018). 

Aksi demo dan mogok kerja tersebut mereka lakukan demi menuntut gaji yang belum dibayar oleh perusahaan.

Wakil sekartaris PUK SP TSK PT Il Jin Sun, Rohmat Sinyo, menjelaskan, perusahaan belum membayarkan upah bagi pegawainya selama 16 bulan.

"Kami buruh pabrik PT Il Jin Sun menuntut hak, selama kurang lebih 16 bulan kami menderita," ungkapnya disela-sela aksi demo.

Menurut Sinyo, sebenarnya pada saat mereka melakukan aksi demo terkait gaji yang belum dibayarkan beberapa bulan lalu, pihak Il Jin Sun telah membayar gaji kepada karyawan. 

Namun, pembayaran gaji dan hak karyawan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati kedua belah pihak baik karyawan dan juga pihak Il Jin Sun sendiri.

"Janji itu keluar pada bulan Juli, setelah para karyawan melakukan aksi demo dan mogok kerja di area pabrik. Perusahaan sempat membayar karyawannya. Namun, nominal yang diberikan tidak sesuai dengan seharusnya," katanya. 

Sinyo merinci pada bulan Juli dan Agustus 2018 karyawan dibayar Rp 1 juta. Kemudian pada September 2018, para karyawan mendapatkan gaji sebesar Rp 750 ribu. 

"Padahal gaji kami jika sesuai UMK itu sebesar Rp 2,7 juta per bulan," ungkapnya. 

Sementara itu, Sinyo mengaku telah menyampaikan sejumlah keluhan karyawan termasuk soal gaji ke pihak perusahaan. Tapi, sampai saat ini pihak perusahaan belum memberikan keputusan pasti akan pemenuhan hak karyawan tersebut. 

"Kalau perusahaan masih saja tidak ada kepastian kami akan melakukan aksi yang lebih dari sekedar mogok kerja. Kami akan melakukan aksi long march," katanya. 

Sinyo mengaku, dalam aksi long march tersebut ia dan ribuan karyawan akan mengadu ke Pemkab Purwakarta soal kasus yang mereka alami.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600