Akibat Musim Kemarau, Kebakaran Hutan di Purwakarta Hanguskan 300 Hektare
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 02, 2018 | 10:07 WIB
Akibat Musim Kemarau, Kebakaran Hutan di Purwakarta Hanguskan 300 Hektare
Penanggulangan Kebakaran di Gunung Cupu. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Jumlah kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau di Kabupaten Purwakarta terbilang tinggi. Selama tiga bulan terakhir, sejak bulan Juli hingga September 2018, kebakaran hutan dan lahan mencapai kurang lebih 300 hektare dengan 200 kejadian. 

Komandan Regu (Danru) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Purwakarta, Afif BJ, mengatakan, kebakaran ratusan hektare hutan dan dan lahan tersebut diduga terjadi akibat pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga.

"Ada juga tempat pembuangan sampah di area kebun yang lalu dibakar sampai akhirnya merembet apinya ke hutan atau lahan," ungkap Afif, Selasa (2/10/2018).

Ia menambahkan, peristiwa kebakaran hutan teranyar yang pihaknya tanggulangi terjadi di Wilayah Gunung Cupu, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. 

Menurutnya, meski tidak menelan korban jiwa, insiden tersebut membuat lahan di wilayah itu habis tak tersisa. 

"Belum lama ini kami kembali menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Cupu dengan luas kurang lebih mencapai 3 hektare" jelasnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terulangnya peristiwa kebakaran, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan sejumlah hal yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran termasuk membakar sampah di lahan kering. 

Afif juga mengimbau, jika terjadi kebakaran masyarakat harus segera melapor ke damkar bukan malah sibuk dengan aktifitas memotret maupun swafoto. 

"Saya titip kepada warga Purwakarta  ketika terjadi kebakaran, baik itu kebakaran hutan, lahan atau pun bangunan, tolong dahulukan melapor kepada petugas damkar, bukan malah sibuk posting atau selfie di medsos," ungkapnya.

Diketahui wilayah Sukatani, Cikopo, Cempaka Isna dan Munjul Ciselan, Kabupaten Purwakarta merupakan wilayah yang rentan terhadap terjadinya  kebakaran hutan ilalang.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600