KPU Purwakarta Ancam Coret Dua Caleg
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 11, 2018 | 10:54 WIB
KPU Purwakarta Ancam Coret Dua Caleg
Ilustrasi Rapat Pleno KPU Purwakarta. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta berhasil mendeteksi adanya dua calon legislatif (caleg) yang merupakan eks-napi dari laporan masyarakat. 

Setelah dideteksi oleh KPU ternyata benar, saat pendaftaran, kedua caleg tersebut tidak menyertakan keterangan bahwa yang bersangkutan adalah mantan narapidana narkoba.

Lantaran hal tersebut, dua caleg itu yakni AAR dari PKB dan LH dari Partai Berkarya dianggap tidak memenuhi syarat dan terancam dicoret dari DCT Pemilu 2019 untuk tingkat Kabupaten Purwakarta.

Pihak KPU sendiri mengaku akan lakukan rapat pleno untuk membahas temuan tersebut.

"Pleno kita akan adakan segera. Nanti baru bisa diputuskan apakah caleg yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak, secara prinsip PKPU menjadi patokan kami," kata Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman pada Kamis (11/10/2018). 

Ahmad menjelaskan, usai rapat pleno dilakukan, hasilnya akan langsung diserahkan ke Bawaslu Purwakarta untuk ditinjau dan dimintai rekomendasi. 

Menurut Ahmad, hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika keduanya telah melampirkan form bukti mantan napi pada awal pendaftaran.

"Kalau dilihat dari masalah administrasinya, ini berawal dari peserta yang mendaftar tidak terbuka, yang bersangkutan tidak melampirkan surat bahwa mereka eks-napi" katanya. 

Terkait data kedua caleg mantan narapidana tersebut, Ahmad mengaku pihaknya telah memiliki bukti otentik berupa catatan pidana dari Pengadilan Negeri setempat.

"Dua mantan napi, satu caleg menyatakan mengundurkan diri. Sebenarnya boleh mantan napi jadi caleg, tapi dengan catatan harus mengikuti aturan yang berlaku. Tapi saat tidak mengikuti aturan, masa kami harus meloloskan," jelasnya.

Diketahui pada September 2018, KPU Purwakarta  memasukan 615 bakal calon legislatif dari 15 partai politik pada Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta. 

Jika dua caleg eks-napi dan satu caleh mengundurkan diri  ditetapkan dicoret dan mundur, maka KPU menyisakan 612 DCT Pemilu 2019 untuk Kabupaten Purwakarta. 

Cap: Ilustrasi Rapat Pleno KPU Purwakarta 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600