TNI Terus Sokong Bantuan Pencarian Pesawat Lion Air JT610
Oleh Arditya Pramono, pada Oct 31, 2018 | 13:20 WIB
TNI Terus Sokong Bantuan Pencarian Pesawat Lion Air JT610
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Basarnas saat memantau pencarian pesawat, Rabu (31/10/2018).

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI mendukung tugas dan fungsi Basarnas di bidang pencarian dan pertolongan (SAR). 

"Sudah menjadi kewajiban TNI untuk mendukung pelaksanaan tugas di bidang SAR," tegas Panglima saat mengunjungi Posko SAR Terpadu di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (30/10/2018).

Menurut Hadi, sejak mendapat informasi jatuhnya pesawat, unsur-unsur TNI khususnya yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung melakukan koordinasi dan aksi pencarian dengan mengerahkan personel, sarana, dan prasarana yang ada. 

"Kami langsung mengerahkan KRI Rigel yang dilengkapi dengan peralatan deteksi bawah air," jelasnya. 

Sementara Kabasarnas, M Syaugi menegaskan bahwa sinergitas antara Basarnas dengan seluruh Potensi SAR, khususnya TNI - Polri sudah terjalin dengan baik pada setiap operasi SAR, termasuk operasi pencarian pesawat Lion Air JT-610.

"Sinergitas dengan mengutamakan komunikasi dan koordinasi ini sangat menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan operasi," katanya. 

Syaugi menegaskan Basarnas, TNI-Polri, serta stakeholder lainnya yang merupakan representasi dari pemerintah akan terus dan selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya yang tengah mengalami musibah. 

Sejumlah tim penyelam dari Basarnas Special Group (BSG), Kopaska, Taifib, dan Potensi SAR lain yang memiliki kompetensi di bidang penyelaman juga membantu proses evakuasi.

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600