Mobil Operasional Dapur Umum Layani Kebutuhan Perut Tim Sar Gabungan
Oleh Arditya Pramono, pada Nov 03, 2018 | 15:09 WIB
Mobil Operasional Dapur Umum Layani Kebutuhan Perut Tim Sar Gabungan
Seorang anggota Tagana ketika sedang masak nasi dapur umum. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)
TANJUNGPAKIS,AYOPURWAKARTA.COM--Kebutuhan makan dan minum dalam mendukung pencarian puing dan korban kecelakaan Lion Air JT-610 di Posko Takstis Tim Sar Gabungan Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang sangatlah penting. 
 
Terkait urusan perut tersebut, sebuah mobil operasional dapur umum lapangan sejak hari pertama pencarian puing pesawat pada Senin (29/10/2018) hingga saat ini Sabtu (3/11/2018) masih beroperasi untuk melayani kebutuhan makan dan minum anggota tim SAR gabungan. 
 
Dalam sehari mobil tersebut mampu melayani kebutuhan makan hingga 4500 bungkus nasi. " Sekali makan kita bisa masak dan siapkan 1500 bungkus nasi. Berati sehari 1500 kali tiga sekitar 4500 bungkus nasi beserta lauk pauknya," kata pelaksana operasional Mobil Operasional Dapur Umum Lapangan Dinsos Kabupaten Karawang, Dani Sonjaya Sabtu (3/11/2018). 
 
Untuk urusan menu, Dani menyebut, setiap waktu menu makan nasi bungkus dapur umum selalu berbeda.  Hal tersebut dilakukan agar anggota tim SAR maupun relawan tidak merasa bosan. 
 
"Ya menu nya  juga kita ganti-ganti. Biar pada gak bosen. Pagi misal kita siapin nasi goreng.Siang nya nasi, tumis kacang panjang, sama ikan asin. Malam nya ada nasi, telur sama tempe," jelasnya. 
 
Untuk sekali masak, Dani mengatakan ada 30 orang yang pegawai Dinsos Karawang dibantu dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Karawang, Tagana Bekasi, Disnsos Jabar dan lainya.
 
30 orang yang secara priodik bekerja dengan sistem sif selama 24 jam akan menyiapkan bahan kemudian memasak makanan dua sampai tiga jam sebelum dihidangkan. 
 
"Untuk makan pagi sekitar jam 6 jam 7, kita dah siap-siap dari jam 2 subuh. Buat makan siang jam 1an kita dah mulai masak dari jam 10. Untuk makan malam jam 7 kita mulai masak jam 4," jelasnya. 
 
Untuk kebutuhan air minum, mobil tersebut juga menyediakan air mineral dan air bersih untuk keperluan lainya. 
 
Sementara itu, Dani menerangkan mobil operasional dapur umum lapangan rencana akan terus melayani kebutuhan makan dan minum hingga hari ketujuh pencarian. 
 
"Kita belum tahu pasti. Tapi kalau sesuai rencana akan selesai pada hari ketujuh pencarian pesawat Minggu (4/11/2018).
Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600