Sebagian Besar Kecamatan di Purwakarta Berpotensi Longsor
Oleh Arditya Pramono, pada Nov 29, 2018 | 20:38 WIB
Sebagian Besar Kecamatan di Purwakarta Berpotensi Longsor
Longsor terjadi di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. (Arditya Pramono/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, mengatakan, sebagian besar wilayah kacamatan di Purwakarta punya potensi terkena musibah tanah longsor.

Menurutnya, hal tersebut bisa terjadi lantaran kontur tanah di beberapa wilayah di Purwakarta terdiri dari tanah lempung. Apalagi hal tersebut diperparah oleh Intensitas hujan di Kabupaten Purwakarta yang mulai menunjukan peningkatan.

"Hampir seluruh wilayah di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta punya potensi terjadi pergerakan tanah. Maka itu, saat ini kami tingkatkan statusnya menjadi siaga," katanya pada  Kamis (29/11/2018).

AYO BACA : Longsor di Pondoksalam, 3 Rumah Tertimpa Tanah, 2 Tewas

Wahyu mengatakan, wilayah paling rawan longsor tersebut berada di daerah perbukitan yang kontur tanahnya berjenis lempung. Sehingga, ketika diguyur hujan, tanah tersebut bisa berubah menjadi medan luncur.

Ia menambahkan wilayah Purwakarta dibagi menjadi tiga jenis zona gerakan tanah. Yakni, Zona Biru (kerentanan gerakan tanah rendah), Zona Kuning (kerentanan gerakan tanah sedang), serta Zona Mereh (kerentanan gerakan tanah tinggi).

"Dari semua wilayah yang diwaspadai adalah zona merah dan kuning. Untuk zona merah hampir merata ada di seluruh kecamatan," ucapnya.

AYO BACA : Warga Salam Jaya Sempat Panik Saat Dengar Pengumuman Longsor Via Speaker Masjid

Dalam rangka mengantisipasi lonsor dan bencana lainya, Wahyu mengaku pihaknya telah menguatkan koordinasi dari tingkat RT sampai bupati.

"Bila terjadi bencana, kami sudah menyiapkan logistik, Tim SAR, serta Tagana. Tak lupa juga bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk bahu membahu mengatasi masalah secara bersama," jelasnya.

Wahyu juga mengimbau warga dan aparatur desa dari tingkat paling kecil seperti RT waspada jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Diketahui sebelumnya telah terjadi tanah longsor di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam pada Selasa malam (27/11/2018). Akibat bencana tersebut, tiga rumah rusak tergerus tanah longsor, 4 orang tewas dan 5 lainya luka berat.

AYO BACA : Jenazah Ayah dan Anak ditemukan, Korban Meninggal Dunia Bertambah Menjadi 4 Orang

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600