Wisata Alam dan Sejarah Ala Hidden Valley Hills
Oleh Arditya Pramono, pada Nov 30, 2018 | 19:53 WIB
Wisata Alam dan Sejarah Ala Hidden Valley Hills
Hidden Valley Hills. (Arditya Pramono/Ayopurwakarta.com)

SUKATANI, AYOPURWAKARTA.COM--Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Apalagi kalau di lokasi wisata tersebut terdapat sejumlah spot yang instagramble dan juga bisa menjadi sarana belajar sejarah.

Nah, bagi Anda yang ingin menemukan tempat tersebut, Anda bisa berkunjung ke Hidden Valley Hills yang terletak di perbukitan Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Usut punya usut, tempat wisata anyar ini, awalnya dibuka karena terinspirasi dari keberadaan sebuah tugu Belanda Kuno Anno bertuliskan tahun 1898 Masehi yang tepat berada di lokasi Hidden Valley Hills.

Penggagas destinasi wisata berbasis alam tersebut, Hendry Chandrawinata mengatakan dulunya Hidden Valley merupakan tempat beristirahat ia dan keluarganya.

AYO BACA : Skylodge Gunung Parang Bakal Bangun Tiga Kapsul Tahun Ini

"Berawal dari pembangunan tempat peristirahatan pribadi sekitar 2014 lalu. Saat itu, kami menemukan sebuah tugu buatan jaman Belanda Anno 1898 yang ditemukan telah rusak. Lalu kita rekondisi tugu tersebut," ujarnya beberapa waktu lalu.

Setelah direkondisi sedemikian rupa, Hendry menyebut dirinya menjadi sadar bahwa tempat istirahat keluarganya ternyata cukup menarik. Apalagi ditambah letak geografisnya yang berada di daerah perbukitan.

"Awalnya hanya tempat beristirahat, tapi pada akhirnya berkembang menjadi tempat wisata alam. Keindahan Hidden Valley Hill ini pun, akhirnya terdengar hingga ke luar. Satu per satu pengunjung jadi berdatangan ke lokasi ini untuk sekadar berfoto," katanya.

Setelah itu, karena kecintaanya dengan budaya dan sejarah. Ia pun membangun tujuh pilar di lokasi objek wisata tersebut dimana tiap pilarnya menceritakan alur berdiri sekaligus runtuhnya kerajaan kuno di Indonesia khususnya kerajaan dari tanah Pasundan, termasuk soal kisah Prabu Siliwangi.

AYO BACA : Memeras Kambing Sambil Menikmati Segarnya Susu Kambing Etawa

"Ada tujuh pilar yang kini menjadi objek wisata di lokasi ini. Tujuh pilar ini, masing-masing menceritakan soal sejarah masa lalu. Salah satunya, ada soal masa kerajaan Prabu Siliwangi," jelasnya.

Sementara itu, Hendry menjelaskan, kawasan wisata ini bersuhu sejuk lantaran berada di ketinggian  sekitar 333 mdpl.

"Suhunya lumayan sejuk dan  pengunjung pun dimanjakan dengan beragam pemandangan. Mulai dari pemandangan pegunungan, permukiman warga, jalur Tol Purbaleunyi, areal pesawahan hingga Bendungan Jatiluhur," jelasnya.

Sementara itu Salah satu pengunjung tempat wisata tersebut Yusri (19) mengaku betah mengunjungi objek wisata Hidden Valley.

"Tempatnya asyik. Sejuk terus bisa selfie. Apa lagi di tujuh pilar itu," katanya.

AYO BACA : Terapi Ikan Gratis, Coba Sensasi Gelinya

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600