Tenaga Kontrak Tak Bisa Otomatis Jadi PPPK
Oleh Arditya Pramono, pada Dec 06, 2018 | 21:23 WIB
Tenaga Kontrak Tak Bisa Otomatis Jadi PPPK
Aparatur Sipil Negara (ASN). (Istimewa)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta menjelaskan bahwa tenaga kontrak lokal atau tenaga harian lepas (THL) tidak otomatis lolos masuk ke dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

\"THL itu tidak otomatis jadi PPPK. Formasi (PPPK) nanti kita usulkan. Misalkan dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) butuh tenaga pegawai dengan kualifiksi seperti apa, diinventarisasi di kita baru nanti  kita usulkan,\" jelas Sekretaris BKPSDM Purwakarta Agus Sulistriyanto pada Kamis (6/12/2018).

AYO BACA : Honor PPPK Jangan Dibebankan ke Pemerintah Daerah

Menurut Agus, meski pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK,  masih ada sejumlah petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang harus ditempuh.

Selain itu Agus menjelaskan, semenjak terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer, tiap-tiap OPD tidak diperkenankan melakukan pengangkatan THL.

AYO BACA : Ribuan Guru Honorer Tuntut Jadi PNS

\"Terkecuali tenaga kebersihan dan kesehatan. Kalau di luar itu aturannya lemah. Mengapa, banyak pandangannya. Salah satunya menyoal beban anggaran daerah,\" lanjut Agus.

Sementara itu, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Purwakarta merinci jika beban anggaran untuk menggaji THL mencapai Rp54 miliar dalam setahun. Dari total 2.200 an lebih THL, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terbebani kewajiban membayar gaji sebesar Rp4,5 miliar perbulan.

\"THL hitungan gajinya perjam. Rata-rata per satu THL mendapat gaji tak kurang dari Rp2 juta dalam sebulan,\" kata Pelaksana Tugas (PLt) Kepala BKAD Purwakarta, Norman Nugraha.

AYO BACA : Dukung Guru Honorer Lolos CPNS, Doa Bersama Serentak Digelar di Purwakarta

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600