Pasca Longsor di Panyindangan, Warga Gotong Royong Bersih-Bersih
Oleh Arditya Pramono, pada Dec 06, 2018 | 21:40 WIB
Pasca Longsor di Panyindangan, Warga Gotong Royong Bersih-Bersih
Warga Kampung Panyindangan RT 02 RW 01 Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta gotong royong membersihkan puing, tanah dan lumpur akibat tanah longsor, Kamis (6/11/2018). (Arditya Pramono/Ayopurwakarta.com)

SUKATANI, AYOPURWAKARTA.COM--Warga Kampung Panyindangan RT 02 RW 01 Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta gotong royong membersihkan puing, tanah dan lumpur akibat tanah longsor, Kamis (6/11/2018).

Seperti diketahui sebelumnya, cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya mengakibatkan tebing tanah di kampung tersebut longsor
pada Rabu malam (5/12/2018) sekitar pukul 19.30 WIB.

AYO BACA : Longsor di Pondoksalam, 3 Rumah Tertimpa Tanah, 2 Tewas

Longsoran tebing tersebut menimpa sebuah bangunan rumah milik warga setempat yang berhasil selamat dari musibah itu yakni Osid (50) dan Yayah (43).

"Pasca kejadian hampir semua masyarakat turut membersikan tanah yang ada di dalam rumah dan puing rumah," jelas salah satu warga setempat bernama Endang (40).

AYO BACA : Sebagian Besar Kecamatan di Purwakarta Berpotensi Longsor

Endang mengatakan untuk membersihkan lumpur yang masuk ke sejumlah rumah, warga menggunakan pompa air. Sementara untuk tanah dan puing, warga menggunakan sekop, pacul dan lainya. "Lumpur yang masuk disedot pake pompa air," katanya.

Sementara itu, Penjabat Sementara Kepala Desa Panyindangan, Didin menjelaskan, tebing yang longsor pada malam hari itu diperkirakan setinggi tujuh meter.

"Longsoran tanahnya menghancurkan tembok rumah warga mengakibatkan kerusakan hingga ruang tengah rumah. Kerugian ditaksir mencapai Rp40 juta, tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Sekedar diketahui, wilayah Kecamatan Sukatani masuk daerah  Zona Merah rawan bencana alam. Tak hanya angin kencang, beberapa desa di kecamatan ini juga memiliki karakteristik tanah labil yang sering mengalami musibah longsor.

Dari 14 Desa yang ada di Kecamatan Sukatani sendiri, ada beberapa desa rawan longsor di antaranya, Desa Cianting, Desa Panyindangan, Desa Cijantung, Desa Sukajaya, serta Desa Pasirmunjul.

AYO BACA : Korban Tanah Longsor: Kejadiannya Begitu Cepat

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600